Ingat Kunci-kunci Bawaan Sepeda Motor

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 13 September 2016 | 08:45 WIB

(Setyo Adi Nugroho - )

Jakarta, Otomania — Berkendara dengan sepeda motor sehari-hari membutuhkan kesiapan yang matang. Kesiapan tidak hanya dari diri sendiri, tetapi juga motor yang ditunggangi terutama pada saat darurat.

Produsen sepeda motor memberikan perangkat bawaan di setiap unit yang dijual. Perangkat ini wajib ada saat bepergian ke mana saja.

"Banyak yang menyingkirkan perangkat ini atau tidak mengetahui keberadaannya karena hanya tahu memakai sepeda motor. Kalau pun tahu, jarang ada yang paham bagaimana penggunaannya," ucap Tomi dari Gladia 4 Motor Jatiwaringin saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Dalam perangkat standar tersebut, biasanya tersedia kunci-kunci yang memiliki ukuran sesuai dengan komponen sepeda motor. Selain itu, tersedia kunci busi dan obeng untuk memudahkan penanganan saat darurat.

Kunci-kunci ini juga berfungsi membantu perawatan ringan oleh pemilik sepeda motor, isalnya untuk melakukan pengecekan aki atau perawatan bodi sepeda motor.

"Kunci busi ini cukup penting. Penanganan ketika darurat salah satunya melihat kondisi busi dan cara penggunaannya sebaiknya sudah dipelajari melalui buku panduan pemilik," ucap Tomi.