Bakal Ketemu Macet, Persiapkan Mudik dengan Matang

Stanly Ravel - Jumat, 9 September 2016 | 11:05 WIB

(Stanly Ravel - )

Jakarta, Otomania - Selain liburan ke luar kota, jelang long weekend menyambut Idul Adha juga dimanfaatkan sebagain orang untuk pulang ke kampung halaman. Melihat kondisi dari musim mudik Lebaran 2016 lalu, polisi mengimbau para pemudik untuk mempersiapkan kendaraan dengan matang.

Agustin Susilowati, Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Metro Jaya mengatakan, bagi masyarakat yang hendak ke luar kota agar mempersiapkan segala halnya dengan baik.

"Untuk kendaraan baiknya dilakukan pengecekan lebih dulu sebelum jalan, selalu isi penuh bahan bakarnya, jangan lupa membawa bekal makanan. Fisik pengendara harap dijaga agar bisa sampai tujaun dengan selamat," ucap Agustin kepada Otomania, Kamis (8/92016).

Menurutnya, meski kepolisian akan berjaga ketat serta melakukan rekaya lalu-lintas, tapi ada faktor eksternal lain yang harus diwaspadai. Salah satunya seperti hambatan truk bahan bakar untuk mengisi ke SPBU yang terhalang akibat macet, atau akibat adanya perbaikan jalan.

"Intinya pemudik harus siap menempuh perjalan jauh di musim liburan yang umumnya padat. Kami juga menyarankan bagi yang memiliki gadget untuk bisa memantau perkembangan lalu lintas di daerah yang akan dilalui agar tidak terjebak kemacetan panjang.