Oli Daihatsu Sigra Sama dengan Great Xenia

Stanly Ravel - Senin, 29 Agustus 2016 | 13:58 WIB

(Stanly Ravel - )

Jakarta, Otomania - Daihatsu Sigra yang jadi mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) terbaru ternyata juga menggunakan oli mesin yang sama dengan Great xenia. Dengan teknologi dual VVT-i, Sigra sudah mengkonsumsi oli encer 0W-20.

Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, meski secara kapasitas mein berbeda tapi teknologi yang digunakan Sigra sama dengan Xenia baru. Karena itu karakter oli mesinnya pun menggunakan yang encer.

"Sigra sama dengan oli Great Xenia, kami rekomendasikan pakai yang encer 0W-20," ucap Anjar kepada Otomania, Senin (29/8/2016).

Dengan jenis oli yang sama, otomatis kisaran harga pergantian oli tidak jauh berbeda. Satu liter oli Daihatsu 0W-20 dibanderol Rp 120.000.

Namun kapasitas oli antar Sigra versi 1.000 cc tiga silinder dengan varian 1.200 cc empat silinder berbeda. Untuk 1.000 cc oli hanya 2,7 liter artinya cukup membeli tiga liter oli, sedangkan mesin 1.200 cc kapasitasnya sama dengan Great Xenia.

Anjar menjelaskan, salah satu keuntungan menggunakan oli yang sudah direkomendasikan adalah untuk menjaga performa mesin dalam level yang terbaik. Karakteristik oli yang encer, mampu memproteksi mesin sejak dalam kondisi dingin.

"Kami rekomendasikan karean oli tersebut sudah terbukti. Oli encer mampu melindungi mesin dari kondisi dingin, jadi meski baru distarter oli sudah melumasi komponen sehingga meminimalkan adanya gesekan di temperatur rendah," papar Anjar.