Tahun Depan Himalayan Meluncur

Setyo Adi Nugroho - Sabtu, 20 Agustus 2016 | 10:25 WIB

(Setyo Adi Nugroho - )

Tangerang, Otomania — Royal Enfield Himalayan menjadi produk terbaru dari Royal Enfield yang diperkenalkan di Indonesia pada pameran GIIAS 2016. Sayangnya, sepeda motor ini masih jadi pajangan dan belum dijual secara resmi di Tanah Air.

PT Distributor Motor Indonesia (DMI), selaku diler resmi Royal Enfield, mengungkapkan, pengenalan Himalayan ini jadi cara mereka untuk mendapatkan respons dari masyarakat. DMI juga mempersiapkan sepeda motor ini masuk ke Indonesia. Rencananya, produk ini hadir pada tahun 2017.

"Kami terus melakukan persiapan. Rencananya, kalau prosesnya lancar, tahun depan sudah bisa dihadirkan secara resmi," ucap Ade Sulistioputra, Managing Direktur PT DMI, saat ditemui Otomania, Kamis (19/8/2016).

Ade mengungkapkan, pihaknya saat ini tengah berupaya menyiapkan produk Himalayan agar sesuai dengan kondisi di Indonesia. Pengetesan dan uji coba jalan dilakukan agar nantinya produk ini tidak mengecewakan.

"Kami harus pastikan semua yang diperlukan untuk menghadirkan Himalayan terpenuhi. Kami juga mengadakan pengetesan di kondisi jalan Indonesia agar motor ini tidak bermasalah nantinya. Semua itu perlu waktu yang tidak sebentar. Kami sedang mempersiapkan," ucap Ade.

Persiapan tersebut termasuk layanan purnajual, yakni teknisi yang sudah terlatih menangani mesin Himalayan. Konsumen Royal Enfield berasal dari beragam latar belakang. Ada yang penggila moge, pemain moge pertama, hingga kolektor. Layanan purnajual ini agar dapat memuaskan mereka menggunakan Royal Enfield tanpa masalah.

"Kebanyakan mereka akan pakai untuk harian. Royal Enfield tidak terlalu besar dan pas untuk kegiatan sehari-hari, beda dengan fisik moge yang besar yang memerlukan banyak tenaga," ucap Ade.

Soal harga jual, ini yang paling banyak ditanyakan pengunjung selama pameran. 

"Kami belum menghitung soal harga jual. Namun, kami akan menyesuaikan dengan beragam faktor. Kami juga akan lakukan survei terhadap model-model setipe," ucap Ade.

Himalayan dibekali mesin satu silinder 410cc yang mampu menghasilkan tenaga 28HP. Tampilannya klasik dengan keunggulan ground clearance yang tinggi agar bisa digunakan untuk offroad maupun di jalan aspal perkotaan.