Poin Minus All New Honda BeAT

Stanly Ravel - Sabtu, 20 Agustus 2016 | 10:05 WIB

(Stanly Ravel - )

Jakarta, Otomania — PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan generasi terbaru dari Honda BeAT. Meski datang dengan desain yang lebih fresh serta beberapa teknologi baru, ada beberapa sektor yang belum mengalami perubahan.

Pertama adalah soal penerangan, alias lampu utama. AHM belum menerapkan teknologi LED, yang artinya masih menggunakan lampu biasa.

Padahal, beberapa skutik lainnya sudah langsung mengusung lampu LED. Menanggapi hal ini, Toshiyuki Inuma, President Director AHM, menjelaskan bahwa ada pertimbangan yang membuat kenapa BeAT masih menggunakan lampu biasa.

"LED memang fitur yang memberikan keuntungan sangat besar, tetapi BeAT merupakan skutik yang digunakan semua konsemen, termasuk daerah yang tidak terjangkau. Karena hal itu, kami mempertimbangkan dari sisi perawatan dan ketersedian part, belum lagi biaya maintenance yang lebih besar," kata Inuma kepada wartawan, Sabtu (13/8/2016).

Meski demikian, Inuma tidak menampik bila saat ini penggunaan LED masih dalam tahap pertimbangan. Besar kemungkinan ke depannya BeAT bisa menggunakan LED sebagai fitur bawaan pabrik.


Dari hasil pantauan Otomania, selain lempu LED, AHM juga belum mengusung teknologi tombol pembuka jok layaknya Vario. Hal ini membuat pengedaranya harus membuka jok secara manual saat mengisi bensin atau ketika mengambil barang bawaan di bagasi.