Toyota Indonesia Tunggu Konfirmasi "Recall" 86

Stanly Ravel - Jumat, 5 Agustus 2016 | 17:02 WIB

(Stanly Ravel - )

Jakarta, Otomania - Toyota Australia resmi mengumumkan penarikan (recall) mobil sport FT86 sebanyak 14.906 unit. Kondisi ini dilakukan terkait permasalahan dari sisi kelistrikannya.

FT86 yang ditarik merupakan model dengan setir kanan lansiran April 2012 hingga Maret 2015, artinya unit yang sama dengan yang dipasarkan di Indonesia oleh Toyota Astra Motor (TAM).

Kendati demikian, Henry Tanoto, Vice President Director TAM, mengatakan, bahwa sampai saat ini pihak masih menunggu keputusan dari Toyota Motor Corporation (TMC).

"Recall FT86 kita kami lagi tunggu informasi resminya dari TMC. Nanti akan kami informasikan kepelanggan bila ternyata ada perbaikan," ujar Henry kepada wartawan, Jumat (5/8/2016).

Meski penarikan merupakan unit setir kanan, namun Henry belum bisa memastikan bahwa Toyota 86 di Indonesia juga kena imbasnya. "Kita tunggu saja, saya tidak berani berandai-andai karena soal recall kan harus tunggu informasi dari pusat," kat Henry.

Toyota FT86 ditarik akibat letak komponen arus listrik (wiring harnes) yang dinilai bisa bersentuhan dengan panel airbag pengemudi. Posisi tersebut bisa menyebabkan sistem electric power steering tidak bekerja sempurna.