Cara Rawat "Roof Box" Usai Dipakai Mudik

Stanly Ravel - Rabu, 13 Juli 2016 | 10:05 WIB

(Stanly Ravel - )

Jakarta, Otomania - Roof box menjadi solusi bagi mobil yang minim dengan ruang bagasi. Agar fungsinya tetap terjaga dan bisa digunakan lagi di kemudian hari, maka roof box juga butuh dirawat.

Salah satu cara merawatnya bukan hanya dengan membersihkan saja, tapi juga dilepas dan simpan bila tidak digunakan. Hal ini penting dilakukan agar lapisan roof box tidak mudah rusak.

"Jangan dipasang bila tidak digunakan. Meski memiliki material yang berkualitas, tapi bila terus-terusan terjemur matahari dan di guyur hujan maka bahan plastiknya cepat getas," ucap Helen dari Banteng Mas saat dihubungi Otomania, Senin (11/7/2016).

Selain roof box, roof rack juga wajib dilepas. Menurut Helen, bahan material roof rack yang terbuat dari besi sebagai penyangga roof box akan mudah berkarat bila terkena air hujan atau sisaan air setelah mencuci mobil.


"Kalau mau awet yah musti dilepas bila tidak digunakan. Usahakan simpan di tempat yang teduh, dan kalau bisa masukan silika gel di dalam roof box agar tidak lembab dan bau," kata Helen.

Perlu diingat pemasangan roof box tanpa fungsi justru bisa membuat bobot kendaraan bertambah. Selain handling yang menjadi kurang, otomatis juga mempengaruhi sisi efesiensi bahan bakar kendaraan.