Bolehkah Air Wiper Dicampur Shampo atau Sabun?

Aditya Maulana - Selasa, 12 Juli 2016 | 08:28 WIB

(Aditya Maulana - )

Jakarta, Otomania – Ketika mengisi air wiper, terkadang masing-masing orang punya cara tersendiri. Ada yang hanya menggunakan air biasa, bahkan sampai dicampur cairan shampo atau sabun mandi, tujuannya agar sewaktu disemprotkan , kaca mobil bisa menjadi lebih bersih.

Lantas, sebenarnya apakah boleh dicampur dengan kedua cairan tersebut? Menurut General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi, sebaiknya menggunakan washer fluid. Sebab, shampo memiliki kandungan tambahan sesuai dengan fungsinya.

“Misalnya anti ketombe, penghias rambut dan lain sebagainya. Seperti itu bisa membuat efek kurang diinginkan, misalnya bercak di cat mobil, bercak putih di plastik komponen dan lain sebagainya,” ujar Dadi kepada Otomania belum lama ini.

Dadi melanjutkan, jika tidak ada washer fluid sebaiknya menggunakan shampo saja jangan sabun. Sebab, secara bahan dasar mirip dengan cairan khusus air wiper tersebut.

“Kalau pakai shampo juga yang biasa saja, jangan mengandung anti ketombe, dan lain sebagainya, karena ada cairan khususnya lagi” kata Dadi.