Makin Nyaman, Datsun Pakai Tombol Power Window

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 8 Juni 2016 | 09:55 WIB

(Setyo Adi Nugroho - )

Jakarta, Otomania – Bagi para pemilik Datsun Go dan Datsun Go + fitur power window merupakan salah satu fitur kenyamanan yang diidam-idamkan. Pada tipe tertinggi fitur ini telah disematkan untuk baris pertama maupun baris kedua.

Sayangnya, tombol pengoperasian power window pada bagian pengemudi hanya untuk jendela pengemudi dan penumpang depan. Tidak ada tombol untuk mengoperasikan power window di baris kedua yang membuat pengemudi kesulitan untuk menutup jendela saat terbuka.

Solusinya adalah menambah tombol power window di baris depan.

“Bisa dimodikasi untuk menambah tombol power window di depan. Biasanya di area di bawah transmisi. Ini memudahkan pengemudi mengoperasikan power window baris kedua,” ucap Sigit, mekanik Andi Motor Duta Mas Fatmawati saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Cara pemasangannya pun cukup mudah hanya perlu penambahan kabel-kabel dan saklar universal. Jumlah saklar tiga dan ukuran kabel diukur jarak kendaraan. Lama pemasangan  dua jam. Pemasangan kabel pun dilakukan dengan seksama agar tidak ada korsleting arus listrik nantinya.

“Biayanya sekitar Rp 650 ribu. Pemilik kendaraan sudah bisa dengan mudah mengoperasikan power window dari depan,” ucap Sigit.

Bisa juga bila pemilik kendaraan mau mengganti saklar pusat yang ada di sisi pengemudi. Saat ini memang sudah tersedia modul saklar dengan model empat tombol yang sesuai dengan ukuran Datsun, namun harganya cukup mahal.

“Harganya sekitar Rp 1 jutaan. Pemasangannya lebih lama daripada yang hanya menggunakan sekring universal,” ucap Sigit.