Siapkan Ini, Sebelum "Offroad" Akhir Pekan

Setyo Adi Nugroho - Sabtu, 14 Mei 2016 | 14:52 WIB

(Setyo Adi Nugroho - )

Jakarta, Otomania – Akhir pekan biasanya digunakan para biker untuk melakukan hobi mereka. Salah satunya hobi berkendara offroad atau lintas alam. Namun sebelum melakukan kegemaran tersebut ada baiknya biker juga mempersiapkan perlengkapan keamanan yang sesuai dengan kegiatan yang akan berlangsung.

“Persiapan untuk offroad yang terpenting salah satunya adalah penggunaan perlengkapan keselamatan. Para biker harus memakai pelindung yang lengkap karena kegiatan offroad termasuk kegiatan yang mengandung resiko keselamatan,” ungkap Frans Tanujaya, biker senior penggiat offroad dan pendiri Terabas saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Perlengkapan keselamatan dimulai dari pakaian yang digunakan. Pakaian yang digunakan harus dapat menyerap keringat untuk kenyamanan serta gunakan celana dengan bahan yang cukup tebal.

Penggunaan helm yang memiliki mutu keselamatan teruji. Gunakan helm yang sesuai dengan ukuran kepala biker dan nyaman digunakan karena pada saat offroad helm yang tidak nyaman akan menimbulkan masalah. Model yang biasa dipilih biasanya model full face.

Sebelum berkegiatan offroad, pastikan biker menggunakan pelindung dada, siku, dan lutut. Sebagai tambahan gunakan juga sarung tangan yang menutup semua jari tangan namun dapat bergerak fleksibel.

Tidak kalah penting adalah penggunaan sepatu saat berkendara. Pemilihan sepatu untuk offroad  untuk menjaga pergelangan agar tidak terkilir. Model yang dipilih khusus untuk sepatu offroad sudah tersedia di pasaran. Sepatu ini memiliki ciri tinggi seperti sepatu boots.

“Perangkat keselamatan ini tidak boleh diabaikan oleh para offroader. Kegiatan yang dilalui tanpa ada yang terluka lebih baik dan menjadi tolak ukur kesuksesan utama dalam kegiatan offroad,” ucap Frans.