Jangan Asal Pilih Cairan Radiator

Stanly Ravel - Rabu, 23 Maret 2016 | 16:04 WIB

(Stanly Ravel - )

Jakarta, Otomania - Cairan khusus radiator atau radiator coolant berfungsi sebagai pendingin suhu mesin pada mobil dan sepeda motor. Meski saat ini bayak jenis dan merek yang ditawarkan di pasaran, namun cairan coolant yang baik dan tetap memiliki kriteria tertentu.

Workshop Manager PRO-Q Heru Wibowo mengatkaan bawah jenis cairan coolant yang baik harus memiliki kandungan konsentrat propylene dan glycol.

"Gycol merupakan zat yang berfungsi untuk menaikan titik didih serta menurunkan titik beku pada cairan coolant. Oleh karena itu titik didih cairan khusus radiator lebih baik dari air mineral, intinya tidak cepat menguap," ucap Heru saat dihubungi Otomania, Senin (21/3/2016).


Selain gycol, carian coolant yang baik juga memiliki konsentrat propylene. Kadar konsentrat ini berbeda-beda pada tiap merek cairan radiator yang ada di pasaran, sebagai pegangan Heru mengatakan bahwa kadar konsentrat yang baik itu ada di angka -20 sampai -50.

"Makin tinggi angka minusnya, maka akan semakin baik. Sedangkan kalau pakai air biasa atau mineral itu kandungan konsetratnya 0," ujar Heru.