Solusi Mengatasi Sabuk Pengaman Keras dan Kaku

Stanly Ravel - Jumat, 11 Maret 2016 | 18:15 WIB

(Stanly Ravel - )


Jakarta, Otomania - Seat belt atau sabuk pengaman yang sudah berusia di atas lima tahun kerap mengalami gejala seret bila akan digunakan. Hal ini bisa menjadi indikasi bahwa serat-serat pada sabuk mulai mengeras atau kaku.

Kalau dibiarkan terus-menerus, kondisi ini membuat kinerja seat belt kurang optimal. Padahal untuk menanganinya cukup mudah, tidak sampai perlu pergi ke bengkel spesialis.

"Sabuk seat belt biasanya terbuat dari fabric, yang secara umum sama seperti bahan pada jok mobil. Cara membersihkanya pun sama saja dengan membersihkan jok berbahan fabric," ucap Ade Muhammad Arbi dari Defensive Indonesia kepada Otomania, Selasa (8/3/2016).

Menurutnya, untuk membersihkan sabuk pengaman bisa menggunakan cairan khusus seperti saat membersihkan jok fabric. Cara lain yang lebih mudah dengan menggunakan air dicampur sabun.

"Air yang dicampur sabun bisa digunakan untuk membersihkan sabuk pengaman. Cukup diusap pakai kain lap ke permukaan sabuk. Bila ada noda, sikat menggunakan sikat gigi, jangan pakai sikat baju karena kasar bisa merusak serabutnya," paparnya.

Setelah selesai, tinggal tunggu sabuk kering dengan sendirinya. Jangan menggunakan suhu AC atau dengan cara menjemur melalui sinar matahari. Setelah kering permukaan sabuk yang tadi keras dan kaku bisa kembali lunak.