MRT05 Rio Pakai Bahan Bakar Petronas, Ini Komentar Pertamina

Stanly Ravel - Rabu, 24 Februari 2016 | 17:29 WIB

(Stanly Ravel - )


Jakarta, Otomania — Pebalap Rio Haryanto yang berlaga pada ajang Formula 1 2016 bersama Manor Racing tak lepas dari peran serta Pertamina. Perusahaan yang bergerak di bidang energi, dan terbesar di Indonesia, menjadi sponsor dengan menyumbang dana sebesar 5 juta euro atau setara Rp 75 miliar.

Tak heran bila logo Pertamina bertengger di mobil dan seragam balap Rio, serta di rekan satu timnya. Meski demikian, ternyata, bahan bakar dan pelumas di Mercedes MRT05, yang merupakan mobil andalan Manor Racing, masih menggunakan produk asal Malaysia, yakni Petronas.

Menanggapi hal ini, Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan bahwa hal tersebut memang benar adanya. Produk Petronas digunakan Manor Racing untuk pelumasan dan bahan bakar.

"Penggunaan Petronas untuk pelumas mesin dan bahan bakar memang benar karena Petronas punya kontrak jangka panjang dengan Mercedes, dan mesinnya digunakan pada mobil MRT05 Manor Racing," ucap Wianda saat dihubungi Otomania, Rabu (24/2/2016).

Menurut Wianda, bukan hanya mobil Rio yang pakai produk Petronas, mobil AMG Mercedes yang digunakan Lewis Hamilton dan Nico Rosberg pun demikian.

Sebelumnya, seperti dilansir Kompas.com, Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto juga menyatakan bahwa bentuk pengeluaran biaya sponsorship yang dilakukan Pertamina memang tergolong kecil bila dibandingkan dengan Petronas yang nilainya mencapai Rp 567 miliar.

"Sebenarnya, kalau dibandingkan Petronas yang (mengeluarkan dana sponsorship) hingga Rp 567 miliar, memang ini kecil sekali," ucap Dwi dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VI DPR RI, Jakarta, Senin (22/2/2016).