Fungsi "Door Visor" Bukan Cuma Talang Air

Stanly Ravel - Selasa, 16 Februari 2016 | 15:54 WIB

(Stanly Ravel - )


Jakarta, Otomania — Meski sejatinya naik mobil tidak terkena guyuran hujan, besar kemungkinan air bisa masuk saat pengemudi atau penumpang membuka kaca. Salah satu cara untuk menghindari hal ini adalah memasang talang air atau door visor.

Sesuai namanya, talang air bisa berguna untuk mencegah masuknya air ketika kaca mobil dibuka sedikit, baik saat mengambil tiket atau membayar tol, maupun untuk mengurangi dinginnya suhu di dalam kabin.

Kebanyakan orang menganggap door visor hanya pelengkap tampilan, padahal fungsinya sangat menolong karena bisa mencegah air masuk ke dalam kabin. Keberadaannya bisa melindungi beragam tombol elektrik, salah satunya panel power window yang menempel pada door trim.

"Selain bisa meningkatkan tampilan mobil, talang air juga berguna untuk melindungi masuknya air ke dalam kabin. Banyak orang menganggap sepele hal ini sebelum mereka merasakan sendiri manfaatnya karena air yang mengenai panel power window bisa menyebabkan kerusakan, bahkan tidak menutup kemungkinan menyebabkan korsleting," ucap Raja Nami Siregar, Kepala Bengkel Auto2000 Ciledug, saat dihubungi Otomania, Minggu (14/2/2016).

Biasanya, sebagian besar mobil sudah dilengkapi door visor. Namun, mereka yang belum memperolehnya bisa mendapatkannya di bengkel resmi atau toko aksesori. Kisaran harga cukup bervariatif, mulai dari Rp 250.000 sampai Rp 700.000, tergantung jenis dan dimensi mobil.