Berburu Onderdil Ford Eks Singapura

Aditya Maulana - Jumat, 12 Februari 2016 | 07:45 WIB

(Aditya Maulana - )


Jakarta, Otomania – Meski distributor resminya angkat kaki dari Indonesia, pemilik Ford tidak perlu bingung mencari tempat membeli suku cadang. Selain di toko spesialis, alternatif lainnya bisa ke pedagang onderdil eks Singapura yang sudah tersebar di pusat belanja otomotif.

Salah satunya, bisa datang ke MGK Kemayoran. Di lantai 5 banyak pedagang onderdil eks Singapura yang juga menjajakan komponen dan suku cadang Ford untuk semua model.

“Onderdil Ford masing-masing model juga ada. Tetapi, jika barangnya tidak tersedia, harus menunggu beberapa hari,” ujar Handoko, pemilik toko Sinar Jaya Motor kepada Otomania, Selasa (9/2/2016).

Handoko mencontohkan, onderdil yang selama ini sering dibeli oleh pengguna Ford, khususnya di Jakarta seperti kanvas rem, garden, silinder head, hingga dinamo amper. Semua barang tersebut, kualitasnya diklaim masih cukup bagus.

“Kondisinya sekitar 70 atau 80 persen, tapi ada juga yang masih 90 persen, tergantung apa jenis komponennya saja,” kata Handoko.

Harga

Bicara harga, kanvas rem dibanderol Rp 300.000, garden Rp 8 juta, silinder head Rp 8 juta, dan dinamo amper Rp 1 juta. “Harga silinder head copotan dengan yang baru memang lebih murah yang baru, tetapi bedanya yang baru masih kosong, sedangkan copotan sudah sama isi-isinya jadi tinggal pasang,” kata Handoko.