Awas, Busi Satria FU Bisa "Terendam" Air

Ghulam Muhammad Nayazri - Senin, 21 Desember 2015 | 08:01 WIB

(Ghulam Muhammad Nayazri - )


Jakarta, Otomania –
Pemilik sepeda motor Suzuki Satria FU harap memperhatikan lubang pembuangan air yang kerap tersumbat ketika musim hujan. Apalagi usai melibas genangan air atau setelah dicuci.

Rulianto, pemilik bengkel spesialis Suzuki Satria, Rully Motor Sport mengatakan, jika lubang tersebut tersumbat, tunggangan bisa mogok karena busi yang dipenuhi air. Posisi lubang berada pada bagian paling bawah mesin.

“Lubang ini memang fungsinya menjadi saluran pembuangan ketika air masuk ke ruang busi. Jadi ketika lubangnya tersumbat maka busi akan terendam air, otomatis sepeda motor tidak bisa menyala,” ujar Ruli kepada Otomania, Senin (14/12/2015).

Ruli melanjutkan, air masuk ke ruang busi karena cop busi sepeda motor ini berlubang-lubang, jadi memungkinkan air untuk masuk, entah ketika melewati genangan ataupun saat sepeda motor dicuci. Jadi wajib diperhatikan lubang pembuangan air tersebut.


“Sebenarnya tidak akan bermasalah apa-apa, ketika lubang pembuangan air ini berfungsi baik. Namun, jika sudah tersumbat bisa cukup merepotkan,” tutur Ruli.

Ruli menambahkan, cara mengatasinya cukup mudah, buka busi dan keringkan airnya. Jika busi masih menyala bagus, bisa digunakan kembali. Kemudian periksa lubang pembuangan air dan bersihkan dari kotoran yang menyumbat.