Remehkan Masalah Kopling, Siap-siap Jutaan Rupiah Melayang

Ghulam Muhammad Nayazri - Minggu, 29 November 2015 | 10:01 WIB

(Ghulam Muhammad Nayazri - )


Jakarta, Otomania –
Permasalahan pengendara kendaraan, khususnya mobil yaitu menyepelekan kerusakan kecil. Padahal kerusakan tersebut bisa menimbulkan masalah lebih besar, apalagi jika perilaku berkendara tidak diubah.

Situasi ini seringkali terjadi pada kopling kendaraan. Kebanyakan pengemudi mengabaikan kondisinya, meski sudah muncul tanda kerusakan, seperti bau kanvas yang terbakar. Mereka tidak mengubah gaya berkendara, berpikir bahwa penggantian kanvas koling cukup murah.

“Tidak disalahkan jika memang hanya hanvas kopling yang rusak. Karena memang harganya murah. Namun jika gaya berkendara tidak diperbaiki, kerusakan bisa menjadi lebih parah,” ujar Frans Manuel pemilik bengkel Faith Autoservice, Rabu (26/11/2016).

Frans melanjutkan, kerusakan bisa merambat pada komponen kopling lainnya, seperti yang biasa disebut matahari, plat kopling dan laher. Jika begitu, dana yang keluar bukan hanya ratusan ribu tapi sampai jutaan.

“Untuk Avanza dan Xenia harga komponen kopling satu setnya dihargai sekitar Rp 1,3 juta, ongkos pasang mencapai Rp 200.000. Sementara untuk mobil Innova dan CR-V dan sejenisnya, mencapai Rp 2,1 juta, dengan ongkos pasang Rp 300.000. Jadi perlakukan kendaraan anda baik-baik, jika tidak ingin rogoh kocek dalam-dalam,” ujar Frans.