Berburu Spion Bekas di Fatmawati

Azwar Ferdian - Sabtu, 28 November 2015 | 08:29 WIB

(Azwar Ferdian - )


Jakarta, Otomania - Pernah mengalami spion dicongkel atau rusak karena terserempet kendaraan lain? Pasti opsi membeli spion baru yang orisinil harganya mahal. Alternatifnya, bisa membeli spion bekas.

Saat ini sudah banyak penjual spion aftermarket di pasaran. Salah satunya di pusat onderdil ITC Duta Mas Fatmawati, Jakarta Selatan.

Toko Acep Motor yang tertelak di lantai 2, No.42 yang menjajakan ragam kaca spion bagi konsumen. Menurut Sandi, pegawainya, kaca spion yang dijual cukup beragam, ada orisinil dan juga merek aftermarket. Tapi, didominasi oleh spion bekas serta masih memiliki kualitas bagus.

“Semua spion bekas yang kita jual banyak yang orisinil dan kondisinya masih bagus. Karena jika kita beli dalam keadaan rusak, maka sebelum dijual lagi ke konsumen diservis dulu,” kata Sandi.

Dijelaskan Sandi, kaca spion juga terbagi menjadi dua, yakni untuk mobil merek Jepang dan Eropa. Spion orisinil bekas khusus mobil Jepang dijual mulai dari Rp 300.000 hingga 400.000, sedangkan Eropa dimulai dari Rp 1,5 juta.

Servis

Jika kaca spion tersebut masih bisa diservis, maka Anda tidak perlu membeli lagi. Karena Asep Motor juga menerima jasa servis kaca spion. Biayanya tergantung dari tingkat kerusakan. Tapi, menurut Sandi dimulai dari Rp 200.000 hingga Rp 350.000.

“Tetap, servis spion Jepang atau Eropa beda harganya. Intinya kita akan melihat berdasarkan seberapa parah kerusakannya,” ucapnya.