Perhatikan, Ini Komponen Bajaj Pulsar yang Rentan Rusak

Ghulam Muhammad Nayazri - Senin, 19 Oktober 2015 | 15:20 WIB

(Ghulam Muhammad Nayazri - )


Jakarta, Otomania –B
engkel resmi sepeda motor Bajaj Pulsar memang sudah tidak ada lagi di Indonesia, namun masih ada bengkel spesialis untuk kendaraan roda dua ini. Kebanyakan bengkel ini didirikan oleh mantan teknisi bengkel resmi. Salah satu yang didatangi Otomania yaitu bengkel Lucky Luke yang berlokasi di bilangan Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Lulu sang pemilik bengkel mengatakan, secara performa memang diakui sepeda motor ini bagus, maka dari itu masih banyak yang mempertahankan. Tapi, ada komponen yang kerap mengalami kerusakan yaitu di komponen sil mesin.

“Sil adalah bagian yang mudah usang dari sepeda motor Bajaj Pulsar. Hal itu disebabkan karena mesinnya yang panas dan membuat sil yang terbuat dari karet menjadi rusak. Sehingga mengakibatkan cairan di dalam mesin seperti oli bocor dan keluar dari mesin,” ujar Lulu, kepada Otomania, Kamis (15/10/2015).

Lulu menambahkan, semua sil yang ada di sepeda motor ini cukup boros, namun biaya penggantian komponen ini cukup murah. Harganya sekitar Rp 20.000 untuk semua sil. Kemudian ditambah dengan ongkos pemasangan Rp 25.000. Bahkan kalau pergantiannya dibarengi dengan sevis akan bisa lebih murah lagi.

“Mesinnya cukup panas karena hanya menggunakan oil cooler, akhirnya yang rusak sil. Namun jangan takut, karena biayanya juga tidak mahal, dan bisa dikatakan terjangkau. Akan lebih murah lagi jika penggantiannya bersamaan dengan servis rutin.” ujar Lulu.

Bengkel Lucky Luke

Kompleks Bina Marga I Nomor 22

RT 05/01 Pondok Kelapa

087882992902