Perawatan Mobnas Komodo Sama dengan Sepeda Motor

Stanly Ravel - Selasa, 8 September 2015 | 15:12 WIB

(Stanly Ravel - )


Jakarta, Otomania - PT Fin Komodo Teknologi memasarkan mobil nasional, Komodo dengan banderol Rp 88 juta. Berbekal mesin 250 cc dan transmisi CVT, ternyata Komodo bukan hanya irit dalam konsumsi bahan bakar, tapi juga soal perawatan.

"Untuk perawatan rutin, Komodo sangat sederhana. Biayanya itu seharga perawatan sepeda motor, ukuran oli mesin dan tranmisi tidak sebesar mobil pada umumnya jadi lebih efisien," ucap Ibnu Susilo, Direktur Utama PT Fin Komodo Teknologi kepada Otomania, Cimahi (5/9/2015).

Bila melihat kapasitas oli mesin dari Komodo hanya dibutuhkan 1,2 liter dengan menggunakan spesifikasi oli SAE 20-50. Sedangkan untuk oli gearbox kapasitasnya 200 CC dengan SAE 40 W.

Untuk harga oli mesin sekitar Rp 50.000-an. Sedangkan untuk oli gearbox dengan kapasitas 1 liter harganya juga variatif, mulai dari Rp 37.500 sampai ratusan ribu. Untuk oli gearbox karena hanya dibutuhkan 200 cc maka, dalam satu kali membeli bisa digunakan untuk beberapa kali.

"Untuk perawatan kita buat sederhana. Kerusakan mobil yang ada di daerah atau pedesaan bisa langsung mendatangi bengkel motor terdekat untuk melakukan perawatan karena dasarnya sedikit sama dengan perawatan motor," ucapnya.