VW Retro ala Hotel Berjalan Hadir di Kemayoran

Stanly Ravel - Selasa, 25 Agustus 2015 | 07:28 WIB

(Stanly Ravel - )


Jakarta, Otomania - Ada dua jenis pemodifikasi mobil secara garis besar, mengubah tampilan standar dan kebalikannya atau kerap dikenal dengan sebutan restorasi. Nah,mdi ajang Indonesia International Motor Show (IIMS), juga berkumpul beberapa modifikator andal yang biasa mengembalikan kondisi kendaraan jadul seperti sedia kala, salah satunya adalah Donny Batax.

Punggawa bengkel Hantu Laut di Jalan Haji Nawi, Gandaria, Jakarta Selatan ini memboyong mobil lawas, VW Transporter Camper lansiran 1983. Meski sudah berusia 32 tahun, mobil ini masih terlihat prima, bahkan nyaris seluruh ornamen yang melekat di bodinya masih orisinil.

Mobil berbasis caravan ini merupakan milik sang istri yang dihibahkan dari orang tuanya. Merasa sayang maka mobil ini pun sangat dirawatnya, bahkan beberapa barang parts yang hilang dilengkapinya untuk membuat tampilan mobil benar-benar kembali seperti orisinilnya.

"Semuanya ini serba orisinil dari bentuk aslinya, tidak ada yang diubah atau diotak-atik. Tapi untuk pelek dan ban, memang saya ganti supaya keliatan tinggi saja. Karena pakai pelek standar kalau jalan kadang suka mentok kolongnya," ujarnya saat ditemui Otomania di zona builder IIMS, (23/8/2015).

Kondisi jalan di Indonesia, lanjutnya, beda dengan Jerman yang serba mulus. Aslinya ini kan pelek 13 inci, saya naikan dua angka supaya tangki minum di bawah dek pintu tengah tidak cepat rusak.

Secara tampilan, meski tergolong sudah berumur, tapi VW yang menjadi cikal dari VW Caravelle ini tergolong mulus. Cat bawaannya masih terawat, bahkan mesin dan fungsi kelistrikanya pun belum pernah rewel.

Hotel Berjalan

Masuk ke interior, sajian mobil caravan yang seperti mini hotel sudah bisa terlihat. Mulai dari tempat tidur beralas busa yang nyaman, deretan lemari penyimpanan, sampai wastafel yang semuanya masih berfungsi cukup baik. Sedangkan untuk perangkat hiburan memang sengaja diganti menggunakan speaker dan head unit aftermarket.

"Di negara asalnya, mobil ini mamang sering digunakan berpetualang untuk keluarga. Kelengkapan rumah tangga bisa masuk di sini, untuk ruang kamar tidur, ada di bawah dan di atas atap. Ini semua asli tidak ada yang bikinan," ucapnya.

Salah satu yang membuatnya lebih spesial, mobil ini ternyata satu-satunya di Indonesia yang masih mulus dan bisa berjalan baik. Desain high roof buatan FIAMMA yang merupakan pabrikan khusus pembuat aksesoris untuk rumah mobil seperti mobil van dan caravan juga tidak pernah diganti. Oleh karena itu, Donny sering menggunakan mobil ini membawa istri dan anaknya ke luar kota.

"Model VW Transporter itu banyak model, tapi untuk tipe T3 Camper, ini satu-satunya di Indonesia. Enaknya mobil ini kalau lagi jalan jauh ngga perlu repot mencari hotel," ujar pria yang akrab disapa Batax ini.