Mitsubishi "All New" Strada Triton Meluncur dari Tangerang

Agung Kurniawan - Senin, 10 Agustus 2015 | 16:32 WIB

(Agung Kurniawan - )



Tangerang Selatan, Otomania –
Setelah diluncurkan di Thailand, tahun lalu akhirnya Indonesia mendapatkan giliran. PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) resmi meluncurkan generasi terbaru Strada Triton di Tangerang Selatan, Senin (10/8/2015).

Pikap andalan Mitsubishi ini ditawarkan dalam tiga varian pilihan, yakni HDX, GLS, dan Exceed. HDX punya dua jenis bodi, yaitu kabin tunggal sebagai varian terbawah dan kabin ganda. Semua tipe HDX dilengkapi limited slip differential mekanis dan transmisi manual.

Varian GLS hanya ditawarkan dalam bodi kabin ganda, dibekali transmisi manual dengan desain lebih elegan dibanding HDX. Varian Exceed menjadi yang terlengkap dan hanya tersedia dalam pilihan kabin ganda. Juga menawarakan pilihan transmisi otomatis dan manual. Jadi, total terdapat lima varian Strada Triton, semuanya punya kemampuan 4X4.

“Kami meluncurkan All-New Strada Triton untuk memperkuat posisi pasar di Indonesia. Kami ingin mempertahankan target 7.000 unit hingga Desember 2015,” ujar Hisashi Ishimaki, Presiden Direktur KTB saat peluncuran.

Populasi Triton di Indonesia telah mencapai 50.000 unit sejak pertama kali diluncurkan pada 2002 dengan nama L200 Strada. Nama “Strada Trion” baru melekat pada 2007 dan bertahan hingga saat ini.


Desain Baru

Generasi baru Strada Triton dikembangkan dengan empat konsep utama, modern, fungsional, andal, dan nyaman. Dibanding model lama, rasa modern mencuat dari elemen desain eksterior yang baru seperti pada lampu depan, lampu kabut, gril, pelek, dan lampu belakang.

Seluruh bodi dirancang menggunakan bahasa desain “J-Line Design”, keuntungannya diklaim memiliki kemampuan manuver lebih baik karena radius putar semakin kecil tapi kabin tetap luas dan nyaman sampai ke penumpang belakang.

Konsep fungsional datang dari pengembangan ruang kargo. Bak memanjang dari model sebelumnya, pada kabin tunggal lebih panjang 45 mm (menjadi 2.265 mm) dan kabin ganda 195 mm (1.520 mm). Selain itu daya angkut maksimal sebab bak ditinggikan 70 mm dari sebelumnya.

All-New Strada Triton tetap menggunakan mesin diesel 4D56 2.5 DI-D Commonrail turbocharger dengan pembagian spesifikasi tenaga dan torsi untuk berbagai varian. HDX memiliki kombinasi tenaga 108,4 tk dan torsi 200 Nm, GLS 134,08 tk dan torsi 324,6 Nm, sedangkan Exceed 175,49 tk dan torsi 400,1 Nm.

Kenyamanan ditunjang dari desain interior, ruang kaki diklaim terpanjang di kelasnya. All-New Strada Triton dibuat nyaman buat pengemudi ataupun penumpang. Memiliki radius putar sejauh 5,9 m yang dikatakan terkecil di kelasnya, kemudi kini bisa diatur naik-turun dan putaran kemudi ke arah kiri dan kanan dikurangi menjadi 3,8 putaran dari sebelumnya 4,3 putaran.

Khusus buat penumpang belakang, jok telah dirancang menggunakan tipe bucket. Pengatur iklim udara dibuat bisa bekerja lebih cepat mendinginkan kabin.