Menikmati Kecepatan Konstan Suzuki Swift GS

Stanly Ravel - Jumat, 12 Juni 2015 | 07:37 WIB

(Stanly Ravel - )

Bogor, Otomania - Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan Swift GS sebagai pelengkap dari keluarga hatchback andalannya di Indonesia. Semula hanya tersedia dalam varian GX dan Sport, kini Swift ada tambahan satu varian baru bagi konsumen.

Tampilan eksterior menawarkan kesan sporty dengan HID proyektor serta auto leveling headlight yang ada pada varian teratas Swift Sport. Fitur high beam dan low beam terbingkai dalam satu frame.

Kelengkapan baru yang bisa sedikit dieksploitasi kali ini, adalah kehadiran fitur cruise control yang semula ada pada varian GS transmisi otomatis. Selain itu, kesan mewah juga terlihat lewat lingkar kemudi yang sudah dibalut kulit lengkap dengan hiasan detail jahitan.

Pengoprasian cruise control pada Swift GS cukup mudah untuk dilakukan. Ketika mobil berjalan diatas 40 kpj, pengendara tinggal menekan tombol di sisi kanan setir sehingga indikator menyala di speedometer.

Level kecepatan bisa disesuaikan, lewat tombol lain, + untuk menambah kecepatan, dan - untuk mengurangi kecepatan.

Totok Yulianto, Asisten Manajer Pelatihan Roda Empat SIS mengatakan, untuk menambah kecepatan lewat fitur cruise control, bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, tombol ditekan berkali-kali atau ditekan sekali dengan jeda yang lama.

"Sekali ditekan cruise control secara otomatis menambah kecepatan sebesar 1,6 kpj. Sedangkan bila ditekan lebih lama mobil akan langsung berakselerasi seperti sedang kick down," ungkapnya disela-sela sesi media test drive Celerio dan Swift GS, di Sentul City, Bogor, Kamis (11/6/2015).

Sayangnya fitur ini belum mengadopsi sistem adaptive, yang bisa menyesuaikan kecepatan dengan sendirinya saat berdekatan dengan mobil lain di depan. Alhasil harus membuat pengemudi lebih waspada karena sewaktu-waktu wajib injak rem untuk menghindari kendaraan di depan.