Estimasi Biaya Peredam Kabin Mobil Murah Datsun

Stanly Ravel - Senin, 18 Mei 2015 | 18:01 WIB

(Stanly Ravel - )

Jakarta, Otomania - Cara paling efektif untuk meningkatkan kekedapan kabin dari suara di luar, adalah dengan pemasangan peredam. Melanjuti artikel sebelumnya, "Cara Mudah Tingkatkan Kesenyapan Kabin Datsun Go" , kini ada giliran mengetahui berapa kompensasi yang harus dikeluarkan untuk mobil murah dan ramah lingkungan (low cost and green car/LCGC) ini. 

"Untuk biaya pengerjaan harganya mulai dari Rp 2,5 juta, dihitung berdasarkan harga pemakaian per lembar peredamnya," ujar Eddie Soesanto dari Cartens Autosound & Installations kepada Otomania, Sabtu (16/5/2015).

Setiap lembah bahan peredam butyl rubber ini dipatok, Rp 150.000. Dalam pengerjaan dan memaksimalkan tingkat kekedapan, biasanya dikombinasikan dengan lapisan aluminium atau foam. "Asumsinya untuk pintu depan, tengah, belakang dan lantai itu berkisar 15-20 lembar. Biayanya sekitar Rp 2,250 - Rp 3 juta," tambahnya.

Dari semua tahapan pengerjaan, bagian tersulit adalah ketika memasang peredaman di bagian pelapis dinding pemisah kabin dan ruang mesin (firewall ). Pasalnya, wajib menurunkan dasbor dan dikerjakan teknisi ahli karena berkaitan dengan kelistrikan dan pendingin ruangan (Air Conditioner/AC).