Berbagi Pengetahuan SOP Turing Antar Komunitas

Ghulam Muhammad Nayazri - Selasa, 5 Mei 2015 | 12:30 WIB

(Ghulam Muhammad Nayazri - )

Jakarta, Otomania - Kopdar komunitas mobil Charade Classy Winner Community (CCWC) yang diadakan di Taman Bunga Wiladatika Cibubur, Minggu (3/5/2015), dilanjutkan dengan iring-iringan rombongan melintasi Tol Jagorawi menuju Tol Lingkar Luar. Iring-iringan tersebut merupakan praktik langsung dari pelatihan SOP Touring yang diberikan saat berada di Wiladatika.

Tiga mobil dari Blazer Indonesia Club (BIC) mendampingi iring-iringan dengan bertindak sebagai Road Captain dan Officer. Peserta kegiatan tersebut berjumlah 30 mobil berjenis Daihartsu Charade, Classy dan Winner, dari CCWC se-Jabodetabek dan Bandung. Terlihat beberapa peserta  mengikutsertakan keluarga mereka dalam kegiatan ini.

Materi-materi dasar terkait defensive driving, diberikan oleh Adrianto Sugiarto Wiyono dari Blazer Indonesia Club (BIC). Isinya, tata cara konvoi dengan aman, dan tidak mengganggu penguna jalan lain Selain aktif dalam komunitas, Adrianto juga merupakan instruktur di Indonesia Defensive Driving Center (IDDC).

Iring-iringan yang ditunjukkan dengan suara radio komunikasi Road Captain, Sweeper dan officer yang saling bersahutan, diikuti dengan canda tawa para peserta menambah keseruan kopdar CCWC, sepanjang jalan tol Cibubur - KM19 Tol Cikampek.  

Dengan pengalaman yang sudah segudang dalam dunia turing, BIC mencoba berbagi pengalaman dengan CCWC yang bisa dikatan berusia lebih muda dibanding BIC. Selain bertukar pengetahuan bermanfaat dan positif, hubungan ini diharapkan dapat menjalin hubungan kekeluargaan antara kedua komunitas.