Estimasi Biaya Kepemilikan MPV Sejuta Umat Per Bulan

Aris F Harvenda - Jumat, 10 April 2015 | 18:26 WIB

(Aris F Harvenda - )

Jakarta, Otomania — MPV sejuta umat hingga saat ini masih digandrungi konsumen di Tanah Air. Pilihan model pun beragam. Honda Mobilio jadi peserta terakhir yang ikut meramaikan pasar setelah Nissan Grand Livina, Suzuki Ertiga, dan Chevrolet Spin.

Kemampuan daya angkut hingga 7 orang menjadi alasan utama selain harga yang terjangkau. Ruang lapang dan efisiensi bahan bakar juga jadi pertimbangan. Tak kalah penting, jaringan purna jual yang merata serta ketersediaan cuku cadang yang baik.

Pertimbangan akan lebih komplet jika calon pembeli mengetahu biaya kepemilikan mobil. Parameternya adalah biaya perawatan dan juga pajak tahunan. Untuk memberi paparan yang terukur, masa pakai mobil hingga 3 tahun, atau 100.000 km, sesuai jaminan servis yang diberikan oleh produsen.

Estimasi biaya perawatan tersebut meliputi penggantian beberapa komponen yang wajib diganti dalam waktu dekat. Di antaranya oli (mesin, transmisi, dan gardan untuk gerak belakang), saringan (oli dan udara), serta rem (depan belakang).

Berikut ini data yang berhasil dikumpulkan redaksi untuk estimasi biaya kepemilikan hingga 3 tahun.

Pajak Tahunan  
Avanza 1.5L Rp 2,2 juta
Xenia 1.3L Rp 1,7 juta
Grand Livina Rp 2,3 juta
Spin 1.5L Rp 1,8 juta
Ertiga 1.4L Rp 2 juta
Mobilio 1.5L Rp 1,98 juta