Prius Frankenstein Bermesin Harley-Davidson

Ghulam Muhammad Nayazri - Rabu, 8 April 2015 | 10:13 WIB

(Ghulam Muhammad Nayazri - )

California, Otomania – ToyoHog, kendaraan unik yang terpampang pada daftar lelang eBay. Mobil yang sangat unik ini berbodi Toyota Prius yang dipadukan dengan mesin Harley-Davidson. Mobil eksperimen tersebut terbukti ampuh dan sudah digeber dalam parodi balap ketahanan LeMans 24 Hours, yang digelar keliling Amerika Serikat.

ToyoHog merupakan gabungan dari kata Toyota dan HOG (Harley Owner Goup) yang merupakan geng motor tertua pemilik kuda besi Amerika. Hasil rekayasa Frankenstein, dengan membuang mesin Prius dan diganti dengan jantung Harley Sporster 1.200 cc produksi 1994. Transmisi dimodifikasi jadi 5-percepatan. Tenaga mesin dikirim ke roda depan menggunakan rantai differential Prius yang dimodifikasi.

Penampilan sudah tidak jelas lagi. Lampu tidak terpasang, kap mesin disobek untuk memunculkan mesin dua silinder khas Harley Davidson. Penampilan dari depan tampak miring, seperti habis menabrak. Namun, dalam lelang dijelaskan mobil ini tidak pernah bermasalah.

Lemparan harga awal sangat murah, hanya 500 dolar AS atau sekitar Rp 6 juta. Mobil Frankenstein yang unik ini mendapat perhatian minat lumayan banyak. Dan sudah mendapatkan penawar harga tertinggi sebesar 1.275 dollar AS atau setara dengan Rp. 14 jutaan.