Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kembalikan Performa Mesin Sepeda Motor

Stanly Ravel - Senin, 5 Desember 2016 | 13:03 WIB

Jakarta, Otomania - Sepeda motor yang memiliki jam terbang tinggi, umumnya rawan menghadapi gejalan mesin ngelitik dan tarikan yang loyo. Apabila sudah merasakan hal ini ada baiknya anda melakukan beberapa langkah untuk mengembalikan performanya.

Rangga Noviar, Analyst Technical Service Honda Sales Operation Jakarta Center, menjelaskan, bahwa dalam waktu satu tahun sebenarnya ada beberapa hal yang wajib diperiksa pemilik motor.

"Pemeriksaan satu tahun itu banyak turunannya, minimal ada dua faktor yang wajib diperhatikan, yakni performa dan safety. Untuk urusan performa bila mesin sudah loyo silakan cek tekanan kompresinya, bila sudah tidak standar kemungkinan besar harus turun mesin  kecil untuk melakukan skir klep," ujar Rangga sat dihubungi Otomania, Senin (5/11/2016).

Menurutnya, dengan melakukan skir klep atau pembersihan ruang bakar, bisa menjaga kerapatan seating klep dengan klep itu sendiri. Sehingga tidak ada jarak atau gap yang membuat kompresi keluar yang membuat kebocoran.

Seperti diketahui, proses kompresi di dalam ruang bakar terdiri dari campuran udara dan bahan bakar yang masuk melalui klep. Kesempurnaan proses tersebut sangat tergantung dari rapatnya ring piston dan klep-klepnya, bila ada kebocoran otomatis tenaga akan berkurang.


"Ruang bakar dibersihkan dari sisa karbon hasil pembakaran yang sudah menumpuk. Biasanya bila ada kebocoran selain tenaga loyo, mesin juga akan ngelitik," ucap Rangga.

Selain membersihkan ruang klep, ada beberapa komponen lain yang tidak boleh luput diperhatikan untuk membuat motor tetap bugar. Mulai dari kebersihan filter udara sampai kondisi busi. Bila pemakaian usia busi sudah melebih batas, baiknya jangan tunda untuk diganti, demikian juga untuk filter udara.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa