Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Ajak Jalan Hewan Peliharaan dengan Mobil

Setyo Adi Nugroho - Sabtu, 19 November 2016 | 10:05 WIB

Jakarta, Otomania – Bagi para penyayang binatang, mengajak jalan-jalan hewan peliharaan bisa jadi cara melepas stres. Para pemilik anjing misalnya, kerap berkegiatan bersama anjing kesayangannya untuk sekedar jogging atau jalan-jalan di taman dengan pergi menggunakan mobil.

Namun yang kerap menjadi masalah, anjing tersebut susah untuk diajak masuk ke dalam kendaraan, atau malah aktif di dalam kendaraan. Paling parah, anjing bisa muntah selama perjalanan.

Doni Herdaru Tona, animal rescuer dari Animal Defender Indonesia, punya tips untuk mengajak anjing kesayangan ikut jalan-jalan di mobil tanpa mengorbankan aspek keselamatan berkendara di jalan.

“Paling utama adalah jangan memangku anjing saat mengemudi. Sering dilihat di jalan si anjing biar diam dipangku oleh pemiliknya. Ini tidak baik, tidak aman untuk keselamatan berkendara,” ucap Doni kepada Otomania beberapa waktu lalu.

Paling penting adalah membangun kesadaran mental pemiliknya saat menghadapi anjing kesayangan. Pastikan si pemilik tenang agar supaya saat memerintah si anjing, ketenangan itu dapat dirasakan.

“Bagaimana menyuruh pihak lain tenang kalau pemilik sendiri dalam keadaan tidak tenang. Anjing dapat merasakan tekanan dari pemiliknya yang membuat si anjing menjadi tidak tenang,” ucap Doni.

Masalah lain adalah anjing yang terlalu bersemangat saat berpergian. Ini artinya ada tenaga yang tidak tersalurkan dengan baik. Untuk meredakan tenaga berlebihan itu sebelum mengajak jalan dengan mobil salurkan dengan mengajak jalan-jalan sebentar. 

Selama perjalanan, pemilik bisa membuka kaca jendela sedikit untuk memberikan efek menenangkan pada anjing kesayangan.  Anjing yang terlihat gugup saat di dalam mobil menandakan pemilik belum mengenalkan mobil dengan baik kepada anjing mereka.

“Biasakan membawa anjing dengan mobil ke tempat-tempat dekat dari rumah, seperti taman. Lalu saat tiba di tujuan beri snack kegemaran. Asosiasikan bepergian dengan mobil ke tempat-tempat menyenangkan, maka si anjing tidak akan mudah gugup selama perjalanan,” ucap Doni.

Tips lain, sebelum mengajak pergi anjing sebaiknya jangan memberi makan dua jam sebelum jalan dengan kendaraan. Ini untuk menghindari kemungkinan anjing peliharaan muntah. Selama perjalan beri minum atau cemilan, jangan memberi makan berat.

“Jika pemilik tahu cara yang tepat dan kondisi mental yang tepat saat berkomunikasi dengan hewan peliharaannya, maka kegiatan bepergian menjadi lebih mudah dan menyenangkan,” ucap Doni.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa