Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mau Ganti Ban Motor, Perhatikan Ketinggiannya

Stanly Ravel - Selasa, 10 Mei 2016 | 13:42 WIB

Jakarta, Otomania - Ban pada sepeda motor menjadi komponen yang memiliki masa pakai. Seiring penggunaannya membuat karet dan kompon di ban bisa menipis dan berdampak pada sisi pengendalian motor yang berkurang.

Kondisi tersebut mengharuskan pemilik motor untuk segera mengganti ban. Namun ketika akan mengganti ada hal yang harus diperhatikan, terutama masalah ketinggiannya.

Deny, karyawan Planet Ban Pasar Minggu, mengatakan bahwa meski dimensi ban yang digunakan sama dengan sebelumnya, tapi tiap model dan merek ban memiliki dimensi tinggi yang berbeda.

"Sama ukuran tapi tiap merek ban biasanya punya dimensi tinggi yang beda. Ketinggian ban mempangaruhi ground clearance motor dari tanah, hal ini otomatis mempengaruhi handling saat berkendara," ujar Deny kepada Otomania, Senin (9/5/2016).

Perubahan tinggi ban akan terasa saat berkendara, apa lagi bila menggantinya hanya bagian depan atau belakangnya saja. Contoh, ban depan dengan belakang yang lebih pendek efeknya membuat handling motor menjadi berkurang dan kaku.


Untuk mengantisipasi ini, ada tiga cara yang Deny tawarkan. Mulai dari mengukur dimensi tinggi ban baru yang akan digunakan, memilih produk dengan merek yang, dan yang terakhir adalah mengganti sekaligus keduanya (depan dan belakang).

"Mengukur tinggi ban bisa dilakukan dengan membandingkan dengan ban yang sebelumnya, caranya dengan menggunakan meteran jahit, bila perhitungan keliling lebih besar maka karakternya akan lebih tinggi saat terisi angin. Jangan sampai tidak imbang, karena akan mempengaruhi dimensi sasis motor yang dan handling berkendara," kata Deny.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa