Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pelek Jari-Jari Pakai Ban Tubeless, Siapkan Rp 20.000

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 22 Maret 2016 | 07:25 WIB


Jakarta, Otomania
– Para pengguna pelek jari-jari pada sepeda motor sering kali mengalami kendala ban bocor di jalan. Pasalnya, pasangan ban untuk pelek jari-jari biasanya adalah ban dengan menggunakan ban dalam atau tubetype.

Berbeda dengan ban bertipe tubeless atau tanpa ban dalam. Saat kena paku, kelebihan ban ini tidak langsung kehilangan tekanan angin dan masih dapat dikendarai untuk mencari bengkel tambal ban. Sayangnya, ban tubeless biasanya dipasangkan dengan pelek racing atau biasa disebut cast wheel.

“Sebenarnya kelebihan ban tubeless ini juga bisa dirasakan pemilik pelek jari-jari. Caranya cukup mudah dan murah,” ujar  Arifin Sofyan, Leader Planet Ban Jatiwaringin, saat ditemui Otomania, Senin (21/3/2016).

Caranya adalah dengan menggunakan manset atau selendang karet yang melapisi bagian dalam pelek jari-jari. Desain bagian dalam pelek jari-jari banyak berlubang sehingga harus dilapisi dengan karet manset untuk mecegah udara keluar.

“Harga manset untuk pelek jari-jari Rp 20.000. Pengguna pelek jari-jari yang ingin menggunakan ban tubeless bisa segera mengganti bannya,” ujar Arifin.

Pengguna pelek jari-jari cukup menyiapkan dana Rp 40.000 untuk sabuk manset ban depan dan belakang, ditambah biaya membeli ban tubeless. Untuk ketersediaan manset sebaiknya tanyakan dulu pada diler ban terdekat karena stok manset jarang ada atau habis dibeli.

“Daripada harus membeli pelek racing dulu untuk merasakan ban tubeless, solusi ini cukup murah. Tambahan pengaman, untuk mencegah ban bocor gunakan cairan anti bocor di dalam ban. Tidak kuatir lagi kena ranjau paku,” tutup Arifin.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa