Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

"Biker" Tak Boleh Sembarangan Naik Moge Mulai Tahun Depan

Donny Apriliananda - Minggu, 10 Mei 2015 | 09:00 WIB

Yogyakarta, Otomania — Naik moge, atau sepeda motor dengan mesin berkapasitas besar, butuh skill khusus. Jika tak biasa, kemungkinan celaka sangat besar. Pasalnya, bobot dan tingkat kesulitan pengendalian jauh berbeda dengan sepeda motor sport, bebek, ataupun skutik.

Mulai tahun depan, Korlantas Polri mewacanakan bahwa biker moge harus punya SIM khusus karena tidak semua penunggangnya mahir meliukkan bodi kendaraannya, atau sekadar menguasai haluan.

Di sela peresmian Safety Riding Centre Astra Motor di Yogyakarta, Jumat (8/5/2015), Kakorlantas Polri Irjen Pol drs Condro Kirono menyatakan bahwa pihaknya mulai memikirkan perombakan surat izin mengemudi (SIM) khusus sepeda motor.

"Kalau dilihat dari tingkat kesulitan dan mesin yang memiliki kemampuan besar, (SIM) seharusnya dibedakan. Jenis SIM untuk pengguna motor besar sedang kami coba rencanakan berbeda dengan sepeda motor biasa," ujar Condro.

Perwira tinggi kepolisian itu menambahkan, rencana pemberlakuan SIM khusus untuk moge ini bisa mulai diterapkan tahun depan. "Mudah-mudahan, pada 2016 sudah mulai jalan," imbuh Condro.

Pengklasifikasian SIM belum dijabarkan. Namun, Condro hanya menggambarkan, SIM akan dibagi dalam tiga bagian kelas berdasarkan jenis mesinnya. "Rencananya akan dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan kelompok mesin, kategori di bawah 250 cc, antara 250 dan 500 cc, serta di atas 500 cc. Gambarannya nanti, akan ada SIM C, SIM C1, dan SIM C2," tutup Condro.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa