Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Empat Pertanda Aki Sepeda Motor Mulai “Soak”

Ghulam Muhammad Nayazri - Selasa, 5 Januari 2016 | 08:05 WIB

Jakarta, Otomania –
Salah satu komponen terpenting pada sepeda motor injeksi yaitu baterai atau aki. Hampir semua sepeda motor model terbaru sudah mengadopsi aki jenis MF (maintenance free) yang tidak perlu lagi melakukan perawatan seperi mengisi air aki.

Dadang, Service Advisor Yamaha Persada Motor mengatakan, usia pakai aki MF tidak bisa selamanya, ada batas waktu tertentu di mana kualitasnya akan menurun. Dengan pemakaian yang baik, aki MF bisa tahan sampai 2 tahun lebih. Namun jika tidak, maka bisa saja hanya sampai 1 tahun.

“Aki sendiri merupakan jantungnya sepeda motor injeksi, di mana semua aktivitas mesin bergantung pada daya listrik, seperti fuel injektor misalnya. Jadi harus diperhatikan gejalanya ketika aki sudah mulai soak, agak bisa mempersiapkan lebih dini sehingga tidak mogok di jalan,” ujar Dadang, Rabu (30/12/2016).

Pertama, kata Dadang, yaitu lampu sensaor indikator aki yang berkedip-kedip atau menyala terus menerus ketka kontak diputar ke posisi On. “Keberadaan indikator ini cukup membantu, untuk mendeteksi kondisi aki,” ujar Dadang kepada Otomania.

Kedua, starter elektrik sudah tidak bisa lagi digunakan. Jadi harus menggunakan starter manual (engkol) untuk menyalakan mesin.

Ketiga, gejala lainnya yang mengindikasikan aki soak yaitu, mesin sepeda motor tidak langsam dalam posisi idle. Lalu ketika dikendarai mesin juga mengalami “brebet”. “Meski sepeda motor nyala ketika di-engkol, nyala mesin juga tidak langsam dan putus-putus nafasnya,” ucap Dadang.

Keempat, kondisi lampu spidometer redup pada saat sepeda motor di starter elektrik.

Kelima, jika kondisi aki sudah benar-benar parah, maka motor tidak bisa dinyalakan alias mati total.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa