Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kenali Delapan Cairan yang Dibutuhkan Mobil

Ghulam Muhammad Nayazri - Selasa, 29 Desember 2015 | 10:38 WIB

Jakarta, Otomania –
Ibarat tubuh manusia, mobil juga butuh cairan dalam tubuhnya. Fungsi cairan pada kendaraan, adalah menjaga performa mobil sehingga tetap prima.

Tahukah Anda, ternyata ada delapan jenis cairan yang terkandung dan dibutuhkan kendaraan? Faktanya adalah, fatal akibatnya jika cairan ini sampai kurang atau paling parah kosong! 

Dari delapan cairan tersebut, di antaranya ada yang berhubungan langsung dengan mesin dan ada juga yang tidak. Meski begitu, caian tersebut tetap harus jadi perhatian, agar berkendara menjadi aman dan nyaman.

Sebagian besar cairan penting tersebut, seperti yang ada di dalam buku Ayo Aman Berlalu Lintas yang diterbitkan Astra International bersama dengan Korlantas Polri.

Oli mesin

Pengecekan oli mesin sebaiknya dilakukan secara rutin. Cek ketinggian oli, agar berada di antara batas minimum dan maksimum. Tambahkan oli ketika ketinggiannya di bawah batas minimum.

Selain mengecek batas ketinggian, kondisi oli bisa dilihat dari warnanya. Ketika sudah berubah jauh dari warna aslinya atau bahkan sampai menghitam, segera lakukan penggantian, agar tidak berakibat buruk bagi mesin.

Air radiator

Selain oli mesin, cairan yang harus selalu diperiksa yaitu air radiator. Cek volumenya dengan melongok ke dalam tangki cadangan.

Kurangnya air radiator dapat menyebabkan mesin mobil mudah mengalami panas berlebihan atau overheating. Maka dari itu, jika volumenya sudah terlihat berkurang, tambahkan cairan khusus untuk radiator, hingga mencapai batas maksimal.

Air ACCU (aki atau baterai)

Agar masa pakai baterai atau aki bisa berusia panjang, lakukan pengecekan setiap dua minggu sekali. Pastikan ketinggian cairan aki pada seluruh sel berada di antara batas bawah (lower level) dan batas atas (upper level). Ini tidak berlaku untuk kendaraan yang menggunakan aki MF (maintenance free atau aki kering).

Minyak rem

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa