Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk, Bikin "Kinclong" Mika Lampu Sendiri

Stanly Ravel - Sabtu, 8 Agustus 2015 | 09:58 WIB
Jakarta Otomania - Mika lampu berfungsi melindungi bohlam dari kotoran atau debu. Seiring masa penggunaanya, lama-kelamaan permukaan lampu bisa kusam atau menguning akibat panas, kotoran, serta masa pemakaian.

Akibat mika kusam, pancaran sinar lampu juga tidak maksimal dan bisa mengurangi fungsi penerangan. Selain itu tentu juga berpengaruh pada penampilan mobil yang tidak sedap dipandang.

Kalau sudah begini, kebanyakan orang mengambil langkah mudah dengan membeli mika baru. Tapi bagi yang ingin lebih berhemat, ada cara lain yang bisa dilakukan sendiri untuk menghilangkan kusam pada mika lampu.

Metodenya menggunakan teknik mengamplas, untuk itu hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan amplas yang terdiri dari tiga permukaan berbeda. Hal ini disampaikan Rendy dari Rizky Motor selaku toko penjual dan reparasi lampu serta spion di Mega Glodok Kemayoran (MGK) lantai.5.

"Yang utama sediakan amplas dan air sabun. Tipe amplas yang digunakan ada tiga, permukaan kasar, sedang dan yang paling halus. Bila sudah disediakan tinggal mulai ngerjain," ucapnya saat disambangi Otomania, Kamis (6/8/2015).

Dimulai dengan amplas kasar, lanjut Rendy, untuk menghilangkan noda kusam pada lapisan sekaligus membuka pori-pari mika. Jangan lupa gunakan air yang dicampur sabun agar licin dan mengosoknya secara halus tanpa ditekan, hal ini berfungsi untuk menghindari baret dalam pada permukaan mika.

Setelah dirasa cukup, giliran melanjutkan dengan amplas sedang untuk merapihkan bekas amplasan kasar yang pertama. Begitu juga selanjutnya menggunakan amplas paling halus sampai permukaan mika benar rata dan halus saat dipegang.

"Setelah bersih dan kering, tinggal dipoles biar bening lagi. Proses poles lebih baik dengan mesin supaya rapih dan cepat. Kalau yang punya gurinda tinggal beli piringan polesnya saja dan kerjakan sendiri," ujar Rendy yang juga menyarankan saat mengerjakan lebih baik posisi lampu dilepas dari mobil agar lebih mudah.

Nah, bagi yang sudah memiliki alat bisa langsung praktekkan di waktu lenggang seperti akhir pekan. Meski harus berkeringat, tapi hasilnya bisa bikin puas, dan yang tak kalah penting bisa lebih menghemat.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa