Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sulit Buat Honda Produksi Mesin Moge

Febri Ardani Saragih - Rabu, 23 Agustus 2017 | 12:12 WIB
Test ride CMX500 Rebel
Otomania/Setyo Adi
Test ride CMX500 Rebel

Tangerang, Otomania.com – Produksi mesin Astra Honda Motor (AHM) dimulai dari 110cc yang dipakai sederet skutik hingga yang tertinggi 250cc punya CBR250RR. Realisasi produksi model berdasarkan kapasitas mesin saat ini sudah mentok dalam hitungan bisnis, belum ada rencana AHM memproduksi model bermesin di atas 250cc.

Ada lima pabrik Honda di Indonesia, terletak di Sunter, Pegangsaan, Cikarang, dan dua fasilitas di Karawarang. Kapasitas terpasang kelima pabrik mencapai 5,8 juta unit per tahun dengan utilitas 70 – 80 persen.

Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma mengatakan saat ini ingin menginjeksikan pabrik dengan berbagai teknologi baru dan meninggikan utilitas pabrik hingga maksimum. Meski begitu pilihan memproduksi model di atas 250cc dikatakan sebagai tantangan.

“Jika kami bisa  akan kami coba. Sebenarnya agak sulit, sangat menantang. Jika ada pasar besar, kami akan mencobanya,” ucap Inuma, Selasa (15/8/2017).

Masalah utamanya, beban pajak buat model di atas 250cc terlalu besar hingga akhirnya bikin harga mahal dan pasarnya sempit. Model di atas 250cc dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah dengan tarif sebesar 60 persen sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2013. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa