Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jasa Marga Minta Disiapkan Jutaan Lembar Kartu E-Toll

Azwar Ferdian - Selasa, 22 Agustus 2017 | 15:45 WIB
Ilustrasi
KONTAN/BAIHAKI HAKIM
Ilustrasi

Jakarta, Otomania.com - Rencana untuk menghilangkan transaksi tunai di pintu tol akan direalisasikan pada 31 Oktober 2017. Persiapan optimal dilakukan PT Jasa Marga agar rencana tersebut bisa berjalan maksimal tanpa hambatan.

Jasa Marga bakal mengoptimalisasi konfigurasi gardu non-tunai di semua pintu tol. Total ada 1.002 gardu induk dan 217 gerbang APJT (Anak Perusahaan Jalan Tol) yang akan dibuat 100 persen menggunakan transaksi e-toll.

"Sampai saat ini itu kita punya gardu yang bisa tapping sendiri sekitar 50 persen. Berlanjut dengan yang kita kerjakan saat ini untuk mengejar 90 persen tapping sendiri hingga akhir September 2017 nanti, dan harapannya pada 31 Oktober semua sudah full pengguna tol tapping sendiri," kata Direktur Operasi II PT Jasa Marga Subakti Syukur seperti dilansir KompasOtomotif, Senin (21/8/2017).

Jasa Marga sudah melakukan kordinasi dengan bank-bank penyedia e-toll untuk mengedarkan kartu lebih banyak sebelum 31 Oktober nanti. Setidaknya, harus disediakan kartu e-toll minimal 2 juta lembar.

"Kita sudah bilang ke mereka (bank) untuk menyediakan dan mengedarkan e-toll lebih banyak karena masih sangat kurang. Kalau dilihat dari data pengguna tol sendiri, kurangnya itu sekitar dua juta kartu, jadi itu yang harus mereka suplai sebelum pelaksanaan nanti," ucap Subakti.

Subakti juga menjelasakan pihak bank juga harus melakukan penarikan kartu e-toll lawas yang sudah kadaluwarsa di masyarakat. Hal ini dilakukan agar proses tapping bisa sesuai dengan mesin reader baru.

"Kartu yang lama itu sering bermasalah. Reader pada kartu lama itu masih lambat saat di tapping, jadi lambat saat transaksi. Kalau dari Jasa Marga kesiapan saat sudah berjalan, tapi untuk kesiapan kartu e-toll itu harus ditanyakan langsung ke pihak bank-nya," ucap Subakti.

Editor : Azwar Ferdian
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa