Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Viar Siapkan Motor Roda Tiga Tenaga Listrik

Febri Ardani Saragih - Selasa, 8 Agustus 2017 | 10:25 WIB
Produk terbaru Viar dari tipe mini dumb truck Viar Karya 300cc
Ghulam Muhammad Nayazri
Produk terbaru Viar dari tipe mini dumb truck Viar Karya 300cc

Jakarta, Otomania.com – Kerja sama produsen Viar, Triangle Motorindo, dengan perusahaan penyuplai komponen otomotif terbesar di dunia, Bosch, sepertinya bakal berlanjut. Setelah sukses menelurkan skuter listrik Viar Q1 bersistem gerak Bosch, kini sedang dikembangkan model roda tiga dengan teknologi serupa.

Bila kejadian, maka produk itu bakal jadi yang pertama di Indonesia. Sepeda motor roda tiga selama ini merupakan produk andalan Viar di segmen komersial.

Menggunakan listrik sebagai sumber tenaga bisa memaksimalkan pemilik motor roda tiga mencari untung dalam bisnis sebab memangkas biaya pembelian bahan bakar. Namun bukan hanya itu, minimnya komponen mekanis pada motor listrik juga berarti memangkas biaya perawatan.

Di luar kepemilikan, keuntungan tenaga listrik pada kendaraan yaitu torsinya yang besar. Hal itu menguntungkan buat kendaraan yang mengangkut beban berat.

Frengky Osmond, Marketing Communication Triangle Motorindo mengungkapkan, saat ini pengembangan dengan Bosch sedang dilakukan. Utamanya menentukan spesifikasi yang cocok buat kebutuhan niaga.

“Penggeraknya kami jajal dengan Bosch. Kami juga belum tahu apakah harus mengubah harganya terlalu besar. Kembali lagi ke beban, semakin besar kan baterainya berarti semakin boros. Ini semua masih di atas kertas, berapa Watt yang dibutuhkan, maksimal mengangkut bebannya berapa, cara penggeraknya bagaimana,” kata Frengky.

Tidak disebutkan kapan motor listrik roda tiga bakal muncul. Tidak diungkap juga apakah penggerak listrik bakal memakai basis motor roda tiga Viar yang sudah ada.

Saat ini Viar menjual model roda tiga bernama New Karya dengan pilihan mesin 100cc, 150cc, 200cc, dan 300cc. Pilihan karoserinya pun beragam, dari bak terbuka sampai boks. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa