Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki Masih Berjuang Rakit Lokal Ignis

Aditya Maulana - Selasa, 8 Agustus 2017 | 10:05 WIB
Suzuki Ignis warna biru atap putih, salah satu pilihan warna yang jadi primadona.
KompasOtomotif-Donny Apriliananda
Suzuki Ignis warna biru atap putih, salah satu pilihan warna yang jadi primadona.

Jakarta, Otomania.com - Model terbaru Suzuki seperti Ertiga diesel hibrida, Ignis, dan yang terbaru Baleno hatchback, statusnya masih impor utuh dari India. Padahal, bila melihat dari sisi produksi, Suzuki Indomobil Sales (SIS) punya kemampuan untuk merakit lokal.

Suzuki sudah punya pabrik perakitan di Kawasan Industri Greenland International Industri Center (GIIC), Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Fasilitas ini punya kemampuan produksi mencapai 106.000 unit per tahun dan berdiri di atas lahan 130,7 hektar dan luas bangunan 11 hektar.

Pabrik ini merakit Ertiga semua tipe, selain itu juga memproduksi dua jenis mesin bensin, berkapasitas 1.400 cc dan 1.000 cc tiga silinder. Mesin 1.000 cc ini kemudian dikirim ke pabrik Tambun II untuk menyuplai perakitan Karimun Wagon R.

Ketika peluncuran Ignis beberapa bulan lalu, Suzuki sudah memastikan akan merakit lokal Ignis, tetapi belum bisa dipastikan kapan waktunya. Ketika ditanykan kembali, Harold Donel, Head of Research and Brand Development 4W PT belum bisa memberikan informasi teptnya.

"Seharusnya sesuai jadwal (6 bulan setelah peluncuran). Tetapi, kita masih berjuang dengan prinsipal untuk bisa melokalkan Ignis," ujar Harold di kawasan Bogor, Jawa Barat, pekan lalu.

Bahkan, Harold juga belum bisa memastikan apakah nanti harga Ignis menjadi turun setelah dirakit di Indonesia atau tetap sama. Sebab, strateginya masih didiskusikan, dan semuanya belum final.

"Kita lihat saja nanti, kita sedang persiapkan semuanya. Banyak pertimbangannya mengenai itu," kata Harold.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa