Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Syarat Ertiga Diesel Bisa Minum Solar Biasa

Aditya Maulana - Selasa, 8 Agustus 2017 | 11:05 WIB
Uji Konsumsi Suzuki Ertiga Diesel Hybrid
Stanly/KompasOtomotif
Uji Konsumsi Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Jakarta, Otomania.com - Kabar baik buat pengguna Suzuki Ertiga diesel hibrida di Indonesia. Kini, kendaraan multi guna bawah (LMPV) itu bisa mengkonsumsi bahan bakar minyak (BBM) jenis solar yang cetane numbernya lebih rendah.

Ketika pertama diluncurkan, Suzuki mewanti-wanti kepada calon konsumen agar menggunakan BBM jenis solar, minimal sekelas Dexlite, karena untuk menghasilkan performa dan memelihara kualitas mesin.

Namun, sudah 1,5 bulan lalu Suzuki memberikan paket aftersales kepada pemilik Ertiga diesel yang ingin mengganti beberapa komponen untuk menyesuaikan kondisi BBM di Indonesia.

"Kita sudah sebarkan rilis kepada masing-masing diler, jadi sifatnya itu opsional. Kalau mau ganti silahkan, kalau tidak juga tidak masalah," kata Harold Donel, Head of Research and Brand Development 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di kawasan Bogor, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

Harold melanjutkan, dia tidak tahu persis komponen jenis apa yang diganti, begitu juga dengan kisaran biayanya. Jadi, pengguna Ertiga diesel bisa langsung datang ke bengkel resmi Suzuki untuk bertanya langsung dengan teknisinya.

Ertiga diesel hibrida dibekali mesin 1.300 cc DOHC dan teknologi Diesel Direct Injection System (DDiS). Dikolaborasikan dengan transmisi manual lima percepatan, mampu menghasilkan tenaga 89 PS dan torsi 200 Nm, bila dibandingkan dengan versi bensin torsinya jauh lebih besar.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa