Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

"Oprek" Mesin Skutik buat Dongkrak Performa

Ghulam Muhammad Nayazri - Minggu, 2 Agustus 2015 | 11:41 WIB

Jakarta, Otomania – Cara mudah mengembalikan performa skutik yang sudah berusia lebih dari tiga tahun agar tetap lincah, yakni dengan melakukan "oprek" mesin. Salah satu bengkel yang bisa disambangi untuk pengerjaan ini adalah Original Motorm di Jalan Haji Ten, Rawamangun, Jakarta Timur, Nomor 58.

 “Kemampuan skutik saat baru dibeli dengan yang sudah lebih dari tiga tahun cukup berbeda, sepeda motor agak sedikit loyo, dan salah satu jalan keluarnya yaitu dengan mengorek mesinnya,” ujar Nasan pemilik bengkel spesialis bore-up ini, kepada Otomania, Sabtu (1/8/2015).

Nasan menambahkan, bengkelnya bisa dikatakan sebagai spesialis sepeda motor matik. Tapi, ada juha beberapa jenis moped (motor pedal/motor bebek) yang meminta untuk di korek, namun sangat jarang sekali.

“Para pemilik sepeda motor bebek banyak yang suka berpikir, dari pada oprek mesin sepeda motornya, lebih baik lebih baik dijual untuk tambahan membeli skutik. Maka dari itu jarang konsumen pemilik sepeda motor bebek datang dan memang dari segi operasional skutik lebih enak serta mudah digunakan,” ujar Nasan.

Biaya bore-up mesin untuk digunakan harian, lanjut Nasan, berkisar antara Rp 2,5 juta sampai Rp 3 juta, berlaku untuk skuitik Yamaha Mio dan Honda Beat. Lama pengerjaan bisa sampai satu minggu, tergantung antrian pelanggan. “Harus sabar-sabar menunggu karena biar hasilnya bisa maksimal, dan hitung-hitungannya tidak ngawur, sehingga bisa puas dengan hasilnya,” ujar Nasan.

“Nama Bang Nasan sudah dikenal di dunia underground, biasanya jarang ada yang berani adu balap kalau tahu setingan mesin dipegang Bang Nasan, karena tahu kualitasnya,” ujar Kelong salah satu pelanggan Original Motor.

Nasan sendiri sudah ikut bermain mesin sepeda motor semenjak tahun 1990-an dan jadi joki balap di sirkuit Ancol. Bengkel Yamaha Azka Tasikmalaya dan Yamaha Sunda Jaya Motor Jakarta berencana untuk merekrut Nasan untuk menjadi mekanik khusus setting skutik balap.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa