Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Setiap Hari Ratusan Motor Nekat Lewat Trotoar

Aditya Maulana - Senin, 31 Juli 2017 | 17:09 WIB
Kampanye Gatel, didukung NTMC dan YAHM, sasar pemotor yang menyalah gunakan trotoar
Otomania
Kampanye Gatel, didukung NTMC dan YAHM, sasar pemotor yang menyalah gunakan trotoar

Jakarta, Otomania.com - Polda Metro Jaya (PMJ) cukup serius menindak pengguna sepeda motor yang melanggar aturan dengan melintas di trotoar. Sebab, setiap hari masih banyak pemotor yang melanggar aturan lalu lintas seperti itu.

Ditlantas Polda Metro Jaya melakukan penindakan dimulai 17 Juli hingga 28 Juli 2017, selama 12 hari tercatat 6.863 pemotor yang melakukan pelanggaran dan langsung ditindak alias di tilang.

Berdasarkan data tersebut, berarti setiap hari kurang lebih sekitar 571 pemotor yang melintas di trotoar.

"Pelanggaran kita kenakan denda maksimal dengan tilang online," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Halim Pagarra, seperti dilansir di laman NTMCPolri, Senin (31/7/2017).

Halim berharap, pengguna motor tidak ada lagi yang melintas di trotoar, karena itu bukan peruntukannya. Trotoar merupakan hak bagi pejalan kaki.

"Mudah-mudahan, masyarakat bisa sadar hukum dengan mematuhi rambu lalu lintas saat berkendara, karena untuk keselamatan mereka juga," kata dia.

Berdasarkan jumlah 6.863 pelanggar, bila dirinci sebagai berikut, Gakkum menindak 343 pelanggar, Tim Tibcar PMJ menindak 444 pelanggar, Sat Pamwal menindak 326 pelanggar, Sat Gatur menindak 751 pelanggar, Lantas Jakarta Pusat menindak 499 pelanggar, Lantas Jakarta Utara menindak 843, Lantas Jakarta Barat menindak 1.383 pelanggar, Lantas Jakarta Selatan menindak 739 pelanggar, dan Lantas Jakarta Timur menindak 1.535.

"Total kami amankan barang bukti 3.916 SIM dan 2.943 STNK serta 5 motor kita sita karena tidak dilengkapi surat-surat," ucap Halim.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa