Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

"Cafe Racer" Cita Rasa India

Stanly Ravel - Sabtu, 1 Agustus 2015 | 09:02 WIB
Jakarta, Otomania - Modifikasi "cafe racer" memang cukup membahana sampai sekarang. Tak heran banyak para biker di Indonesia dengan segala macam model dan jenis sepeda motor ingin mendandani tungganganya semirip mungkin seperti motor balap era 1960-an itu.

Donny Batax dari Bengkel Hantu Laut menjadi salah satu modifikator lokal yang sering menerima pesanan modifikasi cafe racer. Bicara soal karya sudah banyak yang lahir dari tangannya, seperti Bajaj Pulsar DTS-i 220 yang baru selesai dikerjakannya.

Secara konsep mengambil dari apa yang sudah ada. Hal ini diakui Donny karena pemilik ingin motornya tampak serupa dengan modifikasi cafe racer Pulsar yang sudah pernah dibuat.

"Konsepnya mudah, pemilik cuma copy paste yang sudah ada saja. Untuk pergerjaan juga cuma makan waktu 3 minggu, tidak lama karena beberapa barang original masih dipertahankan seperti kaki-kaki dan suspensi," ucapnya kepada Otomania, Rabu (29/7/2015).

Pembuatan part handmade, lanjut Batax, menjadi proses yang paling lama pengerjaannya . Hampir seluruh parts pendukung dibuat sendiri, mulai dari buntut hornet ciri khas cafe racer, jok, lampu, dan setang jepit. Kalau untuk tangki, pakai punya Honda tapi sudah custom agar sedikit ramping.

Masuk kesektor kaki-kaki yang masih mengandalkan bawaan aslinya, mulai dari shock sampai pelek. Sedangkan untuk mendongkrak tampilan, profil ban diubah lebh besar dengan menggunakan Swallow 212,  4.00/17 inci di bagian depan dan belakang. Posisi berkendara juga menjadi lebih condong ala pebalap cafe racer.

Estetika

Karena dikonsep sebagai sepeda motor harian. maka fungsi-fungsi utama pada kendaraan masih tetap dipertahankan. Mulai dari lampu utama, sein dan starter, masih terakomodir dengan baik meski sudah menggunakan produk aftermarket.  

Ruang tengah yang kosong dimanfaatkan untuk membuat dudukan rumah aki. Hal ini berguna untuk melindungi aki dari debu dan air sekaligus penunjang estetika tampilan agar terlihat lebih rapih. Untuk biaya, keseluruhan modifikasinya menghabiskan budget Rp 8 jutaan.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa