Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pentingnya Urut Turun Gigi Waktu "Engine Brake"

Febri Ardani Saragih - Rabu, 5 Juli 2017 | 09:45 WIB
Transmisi manual yang ada di Sienta tipe G.
Ghulam/KompasOtomotif
Transmisi manual yang ada di Sienta tipe G.

Jakarta, Otomania.com – Penting untuk diingat ketika melakukan engine brake dengan transmisi, pengemudi disarankan menurunkan gigi berurutan. Tujuannya agar putaran mesin bisa mereda santai.

Misalnya, saat mengemudi mobil transmisi manual di posisi gigi ke-5 lalu menyadari ada rintangan di di depan. Ketimbang pakai rem, pengemudi bisa melakukan perlambatan awal menggunakan engine brake dengan menurunkan gigi ke posisi 4, lalu ke-3, dan seterusnya.

“Waktu lepas gas, putaran mesin turun, naik sedikit waktu turun gigi, lalu turun lagi. Nah karena ada resistensi di mesin maka dimanfaatkan untuk memperlambat kecepatan,” jelas Dadi Hendriadi, General Manager Technical Service Toyota Astra Motor, Selasa (4/7/2017).

Semakin besar angka rasio gigi maka resistensinya semakin besar, kata Dadi. Maka itu efek engine brake dengan transmisi bakal semakin terasa pada posisi gigi yang rendah, tentu saja pada gigi 1.

Menurunkan gigi tidak berurutan, misalnya dari ke-5 lantas ke-3, bakal membebani komponen mekanis pada mesin dan transmisi terlalu berat. Apalagi jika dilakukan saat kecepatan atau putaran mesin terlalu tinggi.

Over rev (putaran mesin berlebihan) saat gigi ke-5 pindah ke-3 itu yang bekerja ekstra komponen timing belt, camshaft, timing chain, dan kopling. Bisa ada kerusakan, utamanya karena torsi mendadak,” kata Dadi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa