Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pengguna Mobil Honda, Cek Komponen ini Sebelum Balik ke Jakarta

Stanly Ravel - Kamis, 29 Juni 2017 | 16:35 WIB
Bengkel Siaga Honda KM57 layanai pergantian inflator airbag
Stanly/KompasOtomotif
Bengkel Siaga Honda KM57 layanai pergantian inflator airbag

Jakarta, Otomania.com - Gelombang arus balik ke Ibu Kota usai Lebaran mulai terjadi. Bagi pemilik mobil Honda yang hendak melakukan perjalanan balik, diharapkan sudah melakukan persiapan guna memastikan kendaraan tetap prima.

Baca : Posko Mudik Honda Layani Konsumen yang Ganti "Airbag"

Hendy Rustiady, Service Advisor Honda Cikarang yang bertugas di posko mudik Rest Area KM57 Arah Cikampek, mengatakan selama perjalanan mudik beberapa hari kemarin kebanyakan pengguna mobil lupa memperhatikan komponen penunjang lainnya, seperti kelistrikan dan radiator.

"Arus mudik rata-rata pengguna Honda yang datang ke posko untuk ganti bohlam, ada yang padam dan matik sebelah. Kemungkinan mereka fokus pada perawatan mesin, tapi lupa pada faktor penunjang. Sebelum balik, baiknya cek fungsi kelistrikan mulai dari aki dan fungsi lampu, karena hal ini cukup fatal saat berkendara malam hari," ujar Hendy kepada Otomania, saat berbincang di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (28/6/2017).

Hendy menjelaskan bahwa dengan kondisi mobil yang tidak seperti biasanya karena menyala seharian penuh selama perjalanan jauh, bisa membuat beberapa komponen tiba-tiba lemah. Selain itu, yang tidak kalah penting untuk dicek kembali adalah kondisi air radiator.

Baca : Teknik Pengereman Mobil Matik di Tol Fungsional

Bengkel Siaga Honda KM57
Stanly/KompasOtomotif
Bengkel Siaga Honda KM57

"Pantau air radiator mudah dilakukan, tapi baiknya saat pagi hari sebelum mesin dinyalakan. Kalau kurang bisa ditambahkan dengan cairan yang sesuai, karena bila dibiarkan berisiko membuat mesin cepat panas, apalagi saat perjalanan jauh. Dampaknya bisa kemana-mana, seperti pendingin udara yang menjadi lemah jadi kurang dingin," kata Hendy.

Untuk perawatan usai perjalanan jauh, menurut Hendy bisa dilakukan seperti servis bekala. Mulai dari pengecekan kadar dan kualitas oli, kampas rem, dan yang penting membersihkan atau mengganti filter udara, baik yang di mesin dan ataupun yang ada di saluran pendingin udara.


Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa