Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pakai Komponen Imitasi pada Mobil, Waspadai Hal ini

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 28 Juni 2017 | 19:08 WIB
Mekanik memeriksa mesin kendaraan
Istimewa
Mekanik memeriksa mesin kendaraan

Cikarang, Otomania.com –Ragam masalah kerap terjadi dalam masa mudik dan perjalanan jauh. Paling bahaya adalah para pengguna komponen imitasi atau generik. Terlebih bagi mobil dengan usia lebih dari lima tahun.

“Perhatian lebih pada mobil dengan usia lima tahun ke atas. Kerusakan yang biasanya terjadi seperti kebocoran radiator, mati cooling fan atau kampas kopling dan rem,” ucap Yahya dari bengkel siaga Astra di rest area Cikampek KM 57, Rabu (28/6/2017).

Dalam kasus penggunaan suku cadang imitasi, pemudik menggunakan produk tersebut untuk menghemat dana. Kampas kopling imitasi tersebut akhirnya bermasalah dan merusak komponen pengereman ketika mobil berjalan di jalan tol.

“Kita harus bongkar pengeremannya, kita periksa seluruhnya dan ganti yang baru. Sangat disayangkan pemilik mengambil keputusan menggunakan produk imitasi yang harga produk aslinya juga tidak begitu mahal. Kalau seperti ini masalahnya pada keamanan,” ucap Jumhari, mekanik Isuzu Astra, di waktu yang sama.

Kondisi paling parah adalah kerusakan yang terjadi pada radiator akibat korosi pada sistem pendinginan. Ini membuat mesin mengalami kerusakan dan tidak disarankan untuk melanjutkan perjalanan.

“Kejadian pada H-1 kemarin. Pendinginan rusak, dipaksa jalan, kena mesin dan harus diperbaiki keseluruhan. Padahal mau ke Jawa Tengah. Kita sarankan untuk ke bengkel terlebih dahulu karena harus turun mesin,” ucap Aprin, mekanik Daihatsu pada kesempatan yang sama.

Masalah-masalah ini sebenarnya bisa diatasi apabila sebelum berangkat pemilik kendaraan memeriksa kendaraan ke bengkel-bengkel terpercaya. Sayangnya beragam alasan seperti penghematan dana, tidak ada waktu untuk ke bengkel, membuat pemilik enggan ke bengkel untuk memeriksakan kendaraan mereka.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa