Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bolehkah Ban Pakai Nitrogen Dicampur Udara Biasa?

Febri Ardani Saragih - Selasa, 27 Juni 2017 | 17:56 WIB
Kondisi tekanan ban
Stanly/Otomania
Kondisi tekanan ban

Jakarta, Otomania.com – Menambah tekanan ban dengan nitrogen gampang-gampang susah sebab perlu alat khusus yang peredarannya jelas kalah banyak ketimbang pompa udara. Bila tidak ketemu pengisian nitrogen, apa boleh menambah tekanan ban dengan udara biasa?

Menurut Ardiansyah, Service Advisor Daihatsu Karawaci ban tidak akan bermasalah bila ban diisi campuran nitrogen dan udara biasa. Keduanya sama-sama bisa menghasilkan tekanan ban.

“Dicampur sebenarnya tidak apa-apa, cuma kita tidak dapat efek maksimal dari nitrogen,” ucap Ardiansyah, saat ditemui di Posko Mudik Daihatsu, di Rest Area KM 68 Tol Merak-Jakarta, Senin (26/6/2017).

Mengukur tekanan ban.
Motorcycle-Evans Brasfield
Mengukur tekanan ban.
Nitrogen digunakan sebab memberikan dampak tekanan stabil pada ban. Tekanan stabil itu bertahan lebih lama ketimbang udara yang mengalami penyusutan dan membuat uap air lebih cepat.

Apapun pilihan pemilik kendaraan, hal terpenting yang harus dilakukan yakni menyesuaikan tekanan ban sesuai rekomendasi pabrikan. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa