Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

New Agya, si Murah yang Makin Aman

Azwar Ferdian - Senin, 15 Mei 2017 | 07:05 WIB
New Astra Toyota Agya dengan penambahan fitur keamanan
Azwar Ferdian/Otomania
New Astra Toyota Agya dengan penambahan fitur keamanan

Bandung, Otomania.com - Berada di segmen mobil murah ramah lingkungan (LCGC/low cost green car), tidak membuat New Astra Toyota Agya tampil seadanya. Toyota Astra Motor (TAM) sudah melengkapi New Agya dengan sederet fitur, termasuk pada sektor keamanan.

Bicara keamanan, tentunya berkaitan dengan keselamatan orang yang berada di dalam kendaraan, baik pengemudi ataupun penumpang. Ada beberapa pembaruan yang disematkan pada New Agya, khususnya di sektor safety.

Fitur yang paling standar adalah sudah dilengkapi dengan dua airbag (kantong udara) di bagian depan, buat pengemudi dan juga penumpang depan. Selain itu, New Agya ini juga sudah dilengkapi dengan fitur ABS (Anti-lock Braking System).

"New Agya mendapat rating bintang empat pada ASEAN NCAP. Ini menunjukan bahwa Agya sudah semakin aman, dengan penambahan fitur keselamatan yang kami sematkan," jelas Gandhi Ahimsaputra, Product Knowledge Head PT Toyota Astra Motor (TAM), saat media test drive New Agya, di Bandung akhir pekan lalu.

Selain itu, Toyota juga memberikan perubahan pada ukuran rem disc, dimana sekarang menggunakan disc ventilated 13 inci pada bagian rem depan. Serta side impact beam pada struktur bodi samping yang berguna mengurang efek benturan dari samping.

Immobilizer
Fitur anti-maling juga ada di New Agya, yang sudah menerapkan model kunci Immobilizer. Efek positifnya, rasa khawator para pemilik takut kehilangan mobil saat di parkir, bisa sedikit berkurang.

"Agya sudah menggunakan Immobilizer ada kunci. Seperti kita ketahui, fitur ini berguna untuk mencegah dari tindak kejahatan. Kunci sudah menggunakan chip khusus, dan tidak bisa diduplikat, atau dipaksa menggunakan kunci palsu," jelas Gandhi lagi.

Semua penambahan fitur ini jelas membuat New Agya makin aman. Hanya saja, tentu ada yang dikorbankan Toyota, yakni masalah harga. Harga model tertinggi LCGC milik Toyota ini sudah menyentuh angka di atas Rp 150 juta, dan rasanya sudah tidak bisa disebut "murah" lagi bukan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa