Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sudah Tahu Apa itu Isofix di Jok Mobil?

Febri Ardani Saragih - Kamis, 20 April 2017 | 07:45 WIB
Isofix adalah pengait buat kursi bayi
carsizzler.com
Isofix adalah pengait buat kursi bayi

Jakarta, Otomania.com – Di antara begitu banyak fitur keselamatan yang disematkan pada mobil baru di dalam negeri, sering kali terdengar kata “Isofix”. Sudah tahu belum fitur itu untuk apa?

Isofix merupakan kependekan dari International Standards Organization FIX. Namanya mungkin kurang familiar di banyak telinga pembeli mobil baru namun fitur ini gunanya untuk mengaitkan kursi bayi di jok.

Isofix adalah lokasi pengait untuk kursi bayi
audi.com
Isofix adalah lokasi pengait untuk kursi bayi
Postur tubuh bayi atau anak kecil belum sesuai untuk sabuk pengaman jok mobil. Bila dipaksakan maka ada kemungkinan cedera fatal saat terjadi kecelakaan. Celakanya orang Indonesia punya kebiasaan buruk kadar ekstrem, memangku bayi atau anak kecil di mobil.

Di Indonesia memang belum ada aturan resmi bayi atau anak kecil harus duduk di jok khusus. Isofix sudah wajib ada pada mobil baru di Eropa sejak 2007.

Dulu kursi bayi biasanya disangkutkan ke titik sabuk pengaman 3-titik, namun para pabrikan menilai itu masih berbahaya. Makanya Isofix dibuat, khusus sebagai pengait kursi bayi dengan begitu para orang tua merasa lebih aman berkendara bersama anaknya.

Isofix letaknya ada di bagian bawah sandaran jok. Berbagai mobil juga sudah dilengkapi juga dengan top tether atau pengait di bagian atas biar kursi bayi semakin aman. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa