Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Ciri Mobil Sudah Punya Fitur “Brake Assist”

Ghulam Muhammad Nayazri - Rabu, 5 April 2017 | 18:45 WIB
Ilustrasi berkendara.
Stanly/Otomania
Ilustrasi berkendara.

Jakarta, Otomania.com – Produsen kendaraan roda empat Tanah Air, mulai menyematkan beragam fitur keselamatan pada produk terbarunya. Meski harga menjadi sedikit melonjak, tapi untuk beberapa konsumen ini tidak menjadi masalah.

Seperti salah satunya fitur Brake Assist (BA), yang biasanya bersandingan dengan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS). BA sendiri merupakan fitur berteknologi baru, di mana bisa membantu menambah tenaga untuk menekan pedal rem.

Tommy Hermansyah, Product Knowledge PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, selain dilihat dari data spesifikasi, BA bisa juga dideteksi secara pribadi, ketika sedang melakukan test drive. Ini juga jadi salah satu syarat wajib, ketika menjajal kendaraan yang akan dibeli.

“Kalau secara detail memang dari data spesifikasi, tapi bisa juga dirasakan sendiri, saya sendiri kerap melakukannya, penasaran apakah mobil ini memiliki BA atau tidak. Ternyata perbedaannya cukup terasa antara yang memakai dan tidak,” tutur Tommy, Rabu (29/3/2017).

Tommy melanjutkan, pengetesannya sangat sederhana, jalankan mobil selayaknya, lalu cukup dengan injak sedikit pedal rem. Kemudian coba rasakan, apakah rem langsung mengisi, atau malah tidak terasa sama sekali.

“Kalau mobil tidak memiliki BA, efeknya tidak ada pengaruh apa-apa ketika diinjak sedikit remnya, atau bisa disebut kosong. Sementara jika mobil memiliki BA, dengan disenggol sedikit sudah terasa, mobil ini padat remnya,” tutur Tommy.

Fitur dari BA sendiri memang dikembangkan, ketika para periset kendaraan melihat cukup banyak kecelakaan yang terjadi karena pengemudi tidak maksimal melakukan pengereman, terutama ketika dalam kondisi darurat.

“Pada aplikasinya, sistem BA membaca perilaku berkendara pengemudi, di mana ketika tertangkap ada pelepasan gas secara mendadak dan kaki pengemudi berpindah ke pedal rem, maka sistem menganggap pengemudi membutuhkan bantuan BA, yang kemudian fitur aktif, untuk mengoptimalkan pengereman,” tutur Tommy.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa